Android Q adalah Android 10 akan Segera Rilis, Apa Saja Fitur-fiturnya - Dobel Klik

Header Ads

Android Q adalah Android 10 akan Segera Rilis, Apa Saja Fitur-fiturnya

Android Q Adalah Android 10 akan Segera Rilis

Berbicara tentang Android selalu menarik, karena tidak bisa dipungkiri lagi Android adalah sistem operasi atau platform yang paling banyak digunakan oleh perangkat, baik ponsel, tablet, jam pintar (smartwatch), TV dan masih banyak lagi. Selain konsistensi dan produktivitas dalam pengembangan sistem operasi Android yang sangat cepat, tentu sebagai sistem operasi terbuka dengan jumlah pemakai yang lebih dari 2,4 milyar, Android selalu membuat sesuatu yang tak terduga, antara lain dengan merubah sistem penamaan versi dari Android yang sudah tidak lagi menggunakan nama jenis dari makanan penutup.

Lalu kenapa sistem penamaan tidak dilanjutkan dengan menggunakan nama-nama seperti makanan penutup? Apakah Google yang adalah pembuat Android sudah kehilangan imajinasi?
Ternyata tidak demikian, seperti yang dikatakan oleh Google dalam Pers Rilisnya, bahwa tradisi penamaan seperti sebelumnya telah menjadi bagian yang menyenangkan dari rilis setiap tahun, akan tetapi setelah mendengar umpan balik selama bertahun-tahun dari komunitas global bahwa nama-nama itu tidak selalu dipahami oleh semua orang. Maka dengan alasan tersebut Android versi 10 cukup diberi nama Android 10.

Kilas Waktu Rilis Android 10

Lalu apa kelebihan dari Android 10 tersebut? Sebentar! mari kita lihat dulu kilas waktu rilis (beta) sampai dengan rilis akhir selama 6 bulan terakhir ini.
  • 13 Maret 2019: Pertama kali Android 10 diperkenalkan dan dilincurkan sebagai Android 10 beta oleh pengembang
  • 3 April 2019: Android 10 beta 2 dengan perbaikan beberapa bug terutama pada app bubbles
  • 7 Mei 2019: Android 10 beta 3 diluncurkan dalam acara Google I/O 2019
  • Awal Juni 2019: Pembaharuan terhadap tambahan akhir Android 10 beta 4 diluncurkan bulan Juni
  • Juli 2019: Android 10 beta 5 dan beta 6 yang merupakan kandidat final beta
  • Agustus 2019: Android 10 rilis terakhir (final) diluncurkan bulan ini (Agustus 2019)

Barangkali anda sudah merasakan bagaiman menggunakan Android 10, karena jika anda menggunakan salah satu 23 jenis ponsel tersebut dibawah ini adalah yang telah menggunakan Android 10, yaitu:
  • Asus Zenfone 5Z
  • Essential Phone
  • Huawei Mate 20 Pro
  • Google Pixel 3
  • Google Pixel 3 XL
  • Google Pixel 3a
  • Google Pixel 3a XL
  • Google Pixel 2
  • Google Pixel 2 XL
  • Google Pixel
  • Google Pixel XL
  • LG G8
  • Nokia 8.1
  • OnePlus 6T
  • Oppo Reno
  • Realme 3 Pro
  • Sony Xperia XZ3
  • Techno Spark 3 Pro
  • Vivo X27
  • Vivo Nex S
  • Vivo Nex A
  • Xiaomi Mi 9
  • Xiaomi Mi Mix 3 5G



9 Fitur Android 10

Berikut yang perlu anda ketahui tentang 9 fitur Android 10 yang perlu anda ketahui.

1. Mendukung 5G

Sudah menjadi keharusan bahwa ponsel pada saat ini dan yang akan datang harus mendukung jaringan 5G. Walau Indonesia masuk belum pasti kapan jaringan 5G akan diimplementasikan, tetapi di beberapa negara maju sudah berlomba untuk melakukan implementasi jaringan 5G.

2. Menghilangkan Fasilitas Android Beam

Android Beam adalah fitur yang memungkinkan dua buah ponsel melakukan transfer data seperti foto, video, musik, dokumen dengan cepat dan mudah melalui NFC. Antara ponsel Android pengirim dan penerima harus memiliki NFC.

Lalu dengan dihilangkan fasilitas Android Beam ini berarti sebuah kemunduran bukan fitur? Sebentar... Ada celah peretasan dengan adanya fasilitas tersebut, oleh karena itu dengan dihilangkannya fasilitas tersebut berarti fitur keamanan (sekuriti) akan lebih terjamin.

3. Menutup Celah Privasi (Privacy Loopholes)

Sebuah laporan dari International Computer Science Institute menemukan bahwa lebih dari 1.300 aplikasi di Google Play Store di Amerika Serikat secara rutin menghapus data pribadi dari pengguna meskipun ditolak secara eksplisit oleh pengaturan izin yang relevan.

Appmaker telah menggunakan beberapa solusi cerdas untuk mendapatkan info yang mereka inginkan: jika pengguna mengatur izin mereka untuk tidak berbagi data lokasi, aplikasi mengambil alamat MAC mereka dari router yang terhubung ke telepon. Mereka menyimpan nomor IMEI pengidentifikasi perangkat yang diakses oleh satu aplikasi dan membaginya dengan yang lain. Mereka bahkan bisa menentukan lokasi pengguna dengan metadata gambar. Google memperbaiki masalah ini pada Android 10 rilis pada bulan Agustus.

4. Perbaikan Multitasking Q 'bubbels'

Mungkin Anda telah melihat gelembung User Interface sebelumnya, jika Anda menggunakan aplikasi Facebook Messenger. Ini adalah cara mudah untuk menjaga percakapan tetap aktif di layar, sambil melakukan pekerjaan atau aktiftas yang lain seperti Whatsapp, telepon dan lain-lain, Anda dapat mengetuk/tap pic ketika Anda ingin kembali ke percakapan dalam messenger. Nah dalam hal ini tentu dibutuhkan sistem multitasking yang bagus, sehingga tidak terjadi hambatan pada saat Anda menggunakan fasilitas tersebut. Android 10 telah memperbaiki untuk lebih sempurna dalam hal ini.

5. Menudung Ponsel Layar Lipat (Foldable)

Android 10 sedang mempersiapkan ponsel layar lipat pada 2019, seperti yang fenomenal saat ini adalah ponsel Samsung Galaxy Fold. Dengan Android 10 peralihan antar layar ponsel saat dilipat dan dibentangkan lebih halus dan mulir tanpa jeda. Sebenarnya Android 10 beta 2 sudah menyertakan 'foldable emulator' tetapi untuk rilis akhir ini tentu akan lebih disempurnakan.

6. Fitur Privasi Baru

Pengguna akan memiliki kontrol lebih besar atas akses aplikasi ke info lokasi, sharing file, dan repositori seperti Foto dan Video. Perubahan bermanfaat lainnya: perpindahan fokus (on focus) aplikasi secara otomatis ketika mengaktifkan aplikasi sebagai latar belakang (seperti alarm atau panggilan), pemakai ponsel dengan sistem operasi Android 10 dapat memilih dan menentukan prioritas mana yang didahulukan untuk mengirim pemberitahuan.

7. Dark Theme atau Mode Gelap Seluruh Sistem

Tidak mau kalah dengan iOS 13 yang meluncurkan Dark Theme atau Tema Gelap dalam versi betanya, dalam Android 10 juga diberikan fasilitas tersebut. Mode Gelap ini telah diuji pada acara Google I/O 2019 dan berfungsi dengan sangat baik seperti yang diinginkan, tetapi perlu meluncurkan lebih banyak menu pilihan, sejauh ini hanya terbatas pada menu pengaturan saja.

Anda dapat dpat mengatur Mode atau Tema Gelap dengan dua cara yang berbeda, dan keduanya berada dalam notifikasi, sehingga sangat mudah dan cepat tidak perlu masuk ke Setting sistem. Cara pertama adalah dengan dedikasi tombol pengaturan cepat Tema Gelap yang beralih antara Tema Terang.

8. Project Mainline: Pembaruan Keamanan di Latar Belakang

Upaya baru lainnya yang diumumkan di Google I/O 2019 adalah Project Mainline, yang memungkinkan pengembang Android dalam memperbarui bagian penting sistem operasi Android (yang disebut 'modul') tanpa harus mengunduh file paket lengkap tetapi cukup melalui Play Store. Pembaruan ini diunduh di latar belakang dari Google Play dan memuatnya setiap kali ponsel dinyalakan ulang. Pengembang aplikasi game tentu sangat senang dengan adanya fasilitas Project Mainline tersebut.

9. Otentikasi ID-Wajah untuk Login dan Pembelian Iklan

Apa Android 10 ini memungkinan pengguna ponsel menggunakan pemindaian wajah untuk otentikasi, belum jelas sangat bahwa otentikasi tersebut dalam hal apa, pakah misalkan otentikasi saat invoke email sebagai login atau mungkin saat anda belanja online atau bahkan pada saat membuka aplikasi yang Anda kunci. Kita tunggu saja seberapa canggih penggunakan ID-Wajah (Pemindaian Wajah) selain hanya sekedar membuka ponsel yang terkunci.

Apakah Ada yang Lain?

Ada banyak yang belum tereksplorasi kelebihan dari Android 10, yang kabarnya juga ada pengaturan aksesibilitas baru. Ah... belum tahu apa maksud dari fitur tersebut. Kita tunggu saja dan tentu harapan bahwa dengan sistem operasi yang baru, yaitu Android 10 diharapkan membawa kemudahan bagi pemakai yang lebih signifikan.


Tidak ada komentar

Komentar Facebook
Komentar Disqus