Jika Melanggar Aturan Privasi Safari, Apple akan Memperlakukan Seperti Malware - Dobel Klik

Header Ads

Jika Melanggar Aturan Privasi Safari, Apple akan Memperlakukan Seperti Malware

Jika Melanggar Aturan Privasi Safari, Apple Akan Memperlakukan Seperti Malware

Penerbit dan perusahaan situs web yang menampilkan iklan di dalamnya dapat melacak Anda dari satu situs ke situs lainnya, membuat profil sesuai minat Anda yang dimaksudkan untuk menampilkan iklan yang lebih bertarget terhadap kemungkinan minat Anda. Tapi itu bisa sangat mengganggu privasi Anda, dan browser mulai menindak.

Apple pada hari Rabu menerbitkan kebijakan yang mengatur bagaimana browser Safari-nya akan memblokir pengiklan dan situs web untuk melacak Anda secara online - dan ada kata-kata yang kuat bagi siapa saja yang mencoba untuk menghalangi pendekatannya.

Safari mulai memblokir semua pelacakan lintas-situs semacam itu dua tahun lalu, Brave telah melakukannya sejak diluncurkan lebih dari tiga tahun lalu, Firefox mulai melakukannya pada bulan Juni, Microsoft sedang mengerjakan teknologi yang sama dengan Edge, dan Google telah memulai tindakan keras di Chrome. Tetapi situs web dapat menggunakan metode licik seperti sidik jari dan supercookies untuk mencoba menghindari perlindungan privasi itu, dan Apple tidak menyukainya sedikit pun.

"Kami memperlakukan pengelakan langkah-langkah anti-pelacakan pengiriman dengan keseriusan yang sama dengan eksploitasi kerentanan keamanan. Jika suatu pihak mencoba untuk menghindari metode pencegahan pelacakan kami, kami dapat menambahkan batasan tambahan tanpa pemberitahuan sebelumnya," kebijakan anti-pelacakan Apple menyatakan. Dengan kata lain, ini adalah lubang kebocoran data yang akan ditutup oleh Apple, dan Safari mungkin menghukum situs web dengan cara yang berbeda jika mereka mencoba memotong pendekatan Apple.

John Wilander, pemimpin proyek perlindungan pelacakan Apple, mengumumkan kebijakan baru itu dalam tweet Rabu. Kebijakan ini mengkreditkan sikap kebijakan anti-pelacakan sebelumnya dari pembuat Firefox Mozilla, tetapi Apple - salah satu perusahaan paling berharga di dunia - berada di liga lain dalam hal kekuatan dan visibilitas.

"Senang memiliki bigco melenturkan seperti itu," Chief Executive Brave dan mantan pemimpin Firefox Brendan Eich tweeted tentang langkah Apple.

Mengadaptasi penjelajahan web untuk memblokir pelacakan privasi akan menjadi benturan para raksasa, ia memperkirakan. "Pertarungan akan turun ke besar vs besar, tidak diragukan lagi. Hanya masalah waktu," kata Eich.

Apple tidak segera menanggapi permintaan komentar lebih lanjut.

Tidak ada komentar

Komentar Facebook
Komentar Disqus