Pakar MIT Menemukan Cara untuk Mengurangi Buffering Streaming Video pada WiFi - Dobel Klik

Header Ads

Pakar MIT Menemukan Cara untuk Mengurangi Buffering Streaming Video pada WiFi


Apakah ada yang lebih menjengkelkan ketika mencoba menonton video pada koneksi internet yang lambat yang dibagikan dengan sekelompok pengguna lain? Melompati, buffer tanpa akhir, dan pixelation jelek dapat merusak pengalaman menonton film atau acara TV ketika semua orang di rumah Anda mencoba untuk streaming pada saat yang sama.

Sekarang tim dari MIT telah datang dengan alat untuk membantu banyak orang berbagi koneksi WiFi yang sangat terbatas. Kelompok dari Laboratorium Ilmu Komputer dan Kecerdasan Buatan (CSAIL) telah mengembangkan sistem Minerva yang menganalisis video sebelum memutarnya untuk memeriksa seberapa besar dampaknya jika dimainkan dengan kualitas yang lebih rendah.

Protokol tradisional untuk berbagi WiFi cukup membagi bandwidth yang tersedia dengan jumlah pengguna. Jadi jika Anda mencoba menonton pertandingan olahraga HD di TV dan salah satu dari anak-anak Anda mencoba menonton kartun di smartphone mereka, Anda masing-masing akan dialokasikan setengah dari bandwidth yang tersedia. Itu baik untuk anak Anda, tetapi mengerikan bagi Anda, karena video yang bergerak cepat seperti acara olahraga lebih menderita karena bandwidth rendah daripada jenis video lainnya seperti kartun.



Minerva dapat menganalisis kedua video dalam fase offline untuk melihat mana yang akan mendapat manfaat dari dialokasikan lebih banyak bandwidth dan yang dapat dilayani menggunakan bandwidth yang lebih rendah tanpa kualitas yang buruk. Protokol kemudian menetapkan bandwidth berdasarkan kebutuhan pengguna yang berbeda, dan akan menyesuaikan dirinya sendiri seiring waktu sebagai tanggapan terhadap konten video yang sedang diputar.

Dalam pengujian dunia nyata, Minerva mampu mengurangi waktu pemulihan hampir setengahnya, dan dalam sepertiga kasus mampu menawarkan peningkatan kualitas pemutaran video yang setara dengan pergi dari 720p ke 1080p. Dan sistem ini tidak hanya bekerja di dalam rumah tangga. Prinsip yang sama dapat digunakan untuk berbagi koneksi internet di seluruh wilayah, menjadikannya ideal untuk perusahaan seperti Netflix dan Hulu yang harus menyajikan video ke sejumlah besar pengguna.

Sistem ini dapat diperkenalkan oleh penyedia video tanpa perlu mengubah perangkat keras apa pun, menjadikannya dasarnya "pengganti protokol TCP/IP standar" menurut tim.

Tidak ada komentar

Komentar Facebook
Komentar Disqus