Cara Mengenali Pengikut Instagram Palsu - Dobel Klik

Header Ads

Cara Mengenali Pengikut Instagram Palsu

Cara Mengenali Pengikut Instagram Palsu

Aplikasi sosial media khususnya yang populer, sedang gencar-genarnya mengembangkan algoritma dalam fasilitas pengikut atau follower, like atau beberapa fasilitas lain yang berhubungan dengan sebuah akun sosial media. Hal ini dikarena banyak sekali akun palsu yang digunakan oleh mesin Bot untuk mendongkrak pengikut sebuah akun. Bahkan dalam sebuah penelitian yang pernah muncul dalam berita di dunia maya, bahwa 95 juta akun ternyata adalah akun Bot atau Robot dari total 1 milyar akun.

Akun Bot atau Robot adalah sebuah akun palsu yang digunakan oleh perangkat lunak atau software yang mana software tersebut berfungsi untuk melakukan kontrol untuk membuat bahwa akun tersebut bisa mengikuti secara otomatis sebuah pesanan dari akun seseorang untuk ditingkatkan pengikutnya.

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya bagaimana seseorang bisa mendapat begitu banyak pengikut Instagram? Banyak memang pengikut yang asli atau organik, tetapi banyak juga yang merupakan pekerjaan robot dengan akun palsu, atau istilahnya adalah membeli pengikut atau follower. Memang banyak banyak akun Bot yang tidak tidak berbahaya, tetapi Anda harus tahu bahwa akun Bot yang karena dijalankan oleh robot jelas tidak stabil atau mungkin mencoba menipu Anda dengan mengirim spam atau tautan berbahaya melalui DM.

Instagram menindak aplikasi pihak ketiga yang meningkatkan akun Anda menggunakan pengikut palsu dan menjanjikan bahwa akan ada dampak bagi pengguna yang terus membeli bot. Walau demikian seperti yang diberitakan dalam tech blog Mashable, disinyalir ternyata banyak selebritis dunia yang ternyata kedapatan banyak mempunyai pengikut dengan akun palsu, seperti Ellen DeGeneres, BTS, dan Ariana Grande, dengan jumlah pengikut palsu antara 46 dan 49 persen. Menurut CNBC, pengikut palsu pada akun influencer akan dikenakan biaya total merek 1,3 miliar dolar amerika.

Cara Menemukan Akun Palsu

Dikarenakan belum adanya software atau alat yang bisa mendeteksi secara akurat dan pasti, apakah sebuah akun tersebut palsu atau tidak, maka berikut ini kami akan berbagi bagaimana cara kita menemukan akun Instagram palsu.

Untuk menemukan akun palsu, perhatikan beberapa tanda tanda, misalnya, jika Anda melihat pengguna menyukai bermacam-macam foto Anda secara acak atau dan hampir selalu meninggalkan komentar sangat umum seperti seperti, misalkan "posting yang bagus" secara berturut-turut, ada kemungkinan ia berafiliasi dengan mesin Bot pihak ketiga untuk mendongkrak para pembaca lain agar mengikutinya.

Cara lain anda bisa melihat profil dari akun itu sendiri. Jika pengguna mengikuti ribuan orang tetapi tidak memiliki banyak pengikut atau postingan sendiri, atau jika akun mereka tampaknya sudah tidak aktif untuk waktu yang lama, itu juga menandakan bahwa itu adalah akun palsu. Tentu saja, ada bot sneakier yang melakukan posting banyak konten dalam upaya untuk tampil nyata. Jika Anda tidak yakin bahwa akun dengan pengikut banyak itu adalah palsu lakukan dengan cara ini, letakan satu atau dua foto yang ada dalam akun Instagramnya ke dalam pencarian gambar Google dan lihat apakah foto itu diambil dari akun tersebut atau dari situs-situs lain. Itu juga sebagai tanda bahwa akun tersebut tidak menggunakan pengikut yang oragnik, jika tidak menampilkan dari gambar di alamat akun itu sendiri.

Akan tetapi memang tidak semua yang masuk dalam kriteria diatas adalah merupakan akun palsu, mungkin memang akun tersebut setelah dibuat lalu ditinggalkan karena tidak ingin menggunakan Instagram lebih lanjut atau memang pemilik akun tersebut lupa id akun dan password, atau memang dia tidak familier cara menggunakan aplikasi Instagram.

Bagaimana Mengetahui Apakah Pengguna Memiliki Banyak Pengikut Palsu

Tidak yakin apakah pengikut seseorang itu adalah akun asli, tetapi tidak ingin menghabiskan waktu Anda hanya dengan memeriksa masing-masing satu persatu akun pengikut? Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah sebagian besar pengikut seseorang adalah bot.

Pertama, lihat berapa banyak like yang didapat pengguna per posting? jika itu hanya sebagian kecil dari jumlah pengikut mereka atau anda perkirakan reasionya sangat kecil, maka ada kemungkinan banyak pengikut mereka adalah bot yang tidak aktif. Hal ini disebabkan Pengikut palsu sebagian besar tidak atif atau tidak melakukan apa pun kecuali mengikuti Anda.

Ada sejumlah situs web pihak ketiga (anda bisa cek di Google) yang menuduh mereka dapat mendeteksi pengikut pengguna mana yang palsu. Namun hasil tersebut harus diambil dengan sebutir garam. Anda juga dapat mencoba menjalankan akun melalui situs statistik media sosial seperti SocialBlade, yang akan memberi tahu Anda tentang lonjakan tiba-tiba dalam perhitungan pengikut. Jika jumlah pengikut melonjak secara drastis dalam jangka yang cepat dan tanpa alasan yang jelas, kemungkinan akun tersebut membayar atau membeli pengikut untuk menaikkan jumlah pengikutnya.

Secara umum, itu ide dengan membeli pengikut adalah sangat buruk, karena hanya dengan menggelembungkan jumlah pengikut Anda secara artifisial (intelejensia) tidak akan memiliki manfaat yang sebenar-benarnya bermakna. Opsi yang lebih baik adalah menumbuhkan akun Anda secara organik sebaik mungkin, dengan konten yang berkulaitas sehingga Anda akan bertahan lama dengan jumlah pengikut yang semakin meningkat.


Tidak ada komentar

Komentar Facebook
Komentar Disqus